Calon Kades di Muba Harus Bebas Narkoba

Calon kades peserta tes bebas narkoba foto bersama Kepala BPMPD Muba dan Wakarumkit RS Bhayangkara serta petugas medis tesCalon kades peserta tes bebas narkoba foto bersama Kepala BPMPD Muba dan Wakarumkit RS Bhayangkara serta petugas medis tesPALEMBANG - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menggelar serangkaian tes bebas narkoba kepada calon kepala desa (Kades) di RS Bhayangkara Palembang. Tes bebas dari penggunaan narkoba ini betujuan untuk menghasilkan kepala desa yang sehat dan berkualitas.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Muba, Haryadi Karim SE MSi mengatakan, bebas dari penggunaan narkoba merupakan syarat bagi setiap calon Kades yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Nomor 10 Tahun 2012. “Persyaratan ini bertujuan untuk mencari kades berkualitas. Bila ada calon Kades yang terindikasi menggunakan narkoba, maka akan digugurkan dari pencalonan.”

Menurutnya, bebas dari penggunaan narkoba menjadi poin utama untuk menjadi kepala desa di Musi Banyuasin. Menurutnya, penggunaan narkoba dan jenis psikotropika lainnya merupakan penyakit sosial yang harus menjadi komitmen bersama untuk memberantasnya. Kabupaten Musi Banyuasin menjadi yang pertama mensyaratkan bebas dari penggunaan narkoba bagi para calon Kades, serta diperkuat dengan payung hukum Perda.

 “Bila tes ini berhasil dilakukan untuk para calon Kades, tidak menutup kemungkinan secara berkala juga dilakukan bagi para Kades. Dan lebih luas lagi dapat dilakukan secara berkala kepada PNS dan pegawai di lingkungan Pemkab Muba, sebagai upaya mendorong kinerja serta kualitas pencapaian Permata Muba 2017,” imbuh Haryadi.

Tes urine yang dilaksanakan RS Bhayangkara Palembang, Jumat (19/7), diikuti 19 calon Kades. Mereka adalah kandidat pemilihan Kades di Desa Keban II dan Desa Ngunang Kecamatan Sanga Desa, serta Desa Pagar Kaya dan Desa Talang Mandung di Kecamatan Sungai Keruh.

Pada Tahun 2013, sebanyak 75 desa di Musi Banyuasin akan menggelar pemilihan Kades. Seluruh warga desa yang memenuhi persyaratan, dapat mencalonkan diri dalam pemilihan Kades di desa masing-masing.

Wakil Kepala Rumah Sakit RS Bhayangkara Palembang, Kompol Mahyudin SH MSi, mengapresiasi positif pelaksanaan tes bebas narkoba bagi calon Kades di Muba. “Hampir semua pemeriksaan narkoba di Sumsel dilakukan RS Bhayangkara. Baru Kabupaten Musi Banyuasin yang melakukan tes narkoba untuk calon Kades. Lebih hebatnya lagi, Pemkab Muba membuat payung hukumnya melalui Peraturan Daerah. Ini terobosan luar biasa," ujarnya.

Sementara itu Kabag Humas Setda Musi Banyuasin Dicky Meiriando SSTP MH mengatakan, persyaratan bebas dari penggunaan narkoba bagi para calon Kades merupakan bentuk komitmen Pemkab Muba untuk membangun sumberdaya manusia berkualitas. Menurutnya, sebagai ujung tombak pemerintah di tingkat desa, sudah seharusnya Kades menjadi contoh positif bagi masyarakat. “Hal tersebut juga berlaku bagi para perangkat desa, dan jajaran Pemerintahan Kabupaten Musi Banyuasin pada umumnya.”

Add comment

Security code
Refresh